Powered by Blogger.

Asia Leadership Trek 2017


Pada tanggal 5 Januari 2017, Gerak Cepat mendapat kesempatan bekerja sama dengan Andi Sparringa dan Polyglot Indonesia untuk membantu keberlangsungan program Asia Leadership Trek di Indonesia. Asia Leadership Trek (ALT) sendiri merupakan social profit firm yang didirikan oleh sekumpulan alumni Harvard University, salah satu universitas terbaik di dunia. Program yang ditawarkan berupa studi multi-negara yang dilakukan selama kurang lebih satu bulan dengan menyediakan akses dan kesempatan untuk bertemu langsung dengan para key opinion leaders  dari berbagai sektor, baik pemerintahan, pelaku bisnis atau pun pelaku social enterprise di negara-negara Asia.

Selama program ALT berlangsung, para peserta yang terdiri dari 20 orang dan berasal dari 16 negara ini melintasi negara Myanmar, Indonesia, Vietnam, Indonesia, Malaysia, Korea Selatan dan Jepang dengan tujuan untuk berbagi pengetahuan kepada masyarakat lokal melalui pertemuan, seminar atau pun workshop. Program ALT di Indonesia berlangsung selama 4 hari, dipenuhi oleh jadwal pertemuan yang sangat padat dengan beberapa key opinion leaders ternama, diantara lain ialah Dayu Dara, Antonny Liem, Desi Anwar, Sandiaga Uno, Thomas Lembong, Anindya Bakrie dan lain sebagainya.


Agenda pada tanggal 5 diawali dengan kegiatan company visit di kantor GO-JEK Indonesia yang terletak di daerah Melawai. Saat tiba di kantor GO-JEK, terlihat dengan jelas antuasias para peserta ALT dari raut muka mereka. Para peserta begitu terpukau melihat keindahan kantor salah satu perusahaan teknologi berjiwa sosial terbesar di Indonesia tersebut. Setelah mengelilingi kantor GO-JEK, para peserta pun dikumpulkan di dalam satu ruangan untuk melakukan diskusi bersama dengan Vice President of Growth GO-JEK yaitu Dayu Dara. Topik yang dibahas dalam pertemuan ini adalah; “How GO-JEK gives impact to the society”. Peserta ALT terlihat begitu aktif dalam mengutarakan rasa keingin tahuannya terhadap GO-JEK. Seusai kegiatan diskusi, banyak peserta Asia Leadership Trek yang ingin mencoba jasa GO-JEK. Banyak diantaranya yang langsung mengunggah aplikasi GO-JEK di masing-masing smartphones yang mereka miliki.


Agenda ke dua dilanjuti dengan kunjungan ke kantor GDP Venture untuk bertemu dengan Antonny Liem, pendiri Merah Cipta Media (MCM) & MerahPutih.Inc yang berada di bawah naungan perusahaan GDP Venture. Pertemuan ini membahasa mengenai “7 facts of Indonesia which capture Indonesia overview of digital landscape, audience overview towards digital usage, mobile behavior, e-commerce landscape, industry update, investment related & advertising update”. Pertemuan ini diwarnai oleh diskusi antara peserta ALT dengan Antonny Liem yang lebih membahas mengenai iklim investasi di Indonesia. Mayoritas peserta ALT merupakan sarjana bisnis, hal ini merupakan salah satu faktor mengapa banyak sekali peserta yang sangat antuasias dengan pertemuan ini, sehingga banyak diantaranya yang mengutarakan minatnya untuk berinvestasi dalam bisnis start-up di Indonesia, khususnya dalam bidang e-commerce. Antonny Liem sempat mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi industri e-commerce yang sangat cerah.


Agenda terakhir ditutup oleh pertemuan dengan Desi Anwar, salah satu pembawa berita senior ternama di Indonesia. Pertemuan ini dilakukan di kantor CNN Indonesia yang terletak di daerah Kapten Tendean, Jakarta Selatan. Pertemuan ini diawali dengan pembahasan mengenai sistem pemerintahaan negara Indonesia yang berjalan selama kurang lebih dua jam. Semangat para peserta ALT pun tidak hilang sampai dipenghujung acara. Peserta ALT tetap aktif berdiskusi dan melontarkan pertanyaan-pertanyaan seputar sistem pemerintahan dan konflik-konflik sosial yang terjadi di Indonesia. Dalam pertemuan ini kami pun mendapat kesempatan untuk melakukan simulasi di salah satu news room program CNN Indonesia. Seusai simulasi ini, para peserta terlihat sangat puas dan gembira. Walau pun agenda ini selesai pukul 21:00, tidak ada satu pun peserta yang terlihat kelelahan.


Merupakan sebuah kebanggan bagi kami, Gerak Cepat, untuk dapat langsung terlibat di dalam pelaksanaan program ALT 2017 di Indonesia. Begitu banyak pengalaman berharga dan wawasan yang kami dapatkan selama program ALT ini berlangsung. Bagi pembaca yang ingin mengetahui informasi lebih detail mengenai ALT, dapat langsung mengunjungi website www.asialeadershiptrek.org.


Irshina Vialka
Event & Communication Lead at Gerak Cepat

0 comments:

Post a Comment